Monday, March 6, 2017

Ahad, 5 Maret 2017

"PENYAKIT HATI"

Penyakit hati itu datangnya dari nafsu karena nafsu dapat menimbulkan :
1. Lupa dengan Allah
2. Riya
3. Hasad
4. Ujub
5. Qibir
6. Sum'ah

Bagaimana caranya menghilangkan/ membersihkan penyakit hati diatas? Yaitu kita memohon ampunan kepada Allah dengan memperbanyak istighfar karena penyakit ini tidak pandang bulu.
.
Nafsu itu sudah ada ikatan didalam hati karena sudah dinikahkan oleh syaiton.
.
Orang ikhlas dapat mengetahui orang yang riya dan sebaliknya, orang riya dapat mengetahui bahwa orang itu ikhlas. Imam Al ghozali mengatakan bahwa riya banyak terdapat pada ulama.
.
Jika didalam hati ada sifat ujub, maka harus mengharap ridho Allah. Karena jika kita tidak memohon ampun dan mengharap ridho Allah, maka nikmat yang sudah Allah berikan yang ada di jiwa kita akan hilang dengan ke enam sifat buruk tersebut diatas. Astagfirullahaladziem.
.
.
Bersyukurlah jika kita dapat datang ke majlis ilmu karena sesungguhnya hadir di majlis = 1000x sholat sunnah = 1000x menjenguk orang sakit = 1000x mengantar jenazah sampai ke kuburnya.
.
.
Membicarakan tentang riya, ada suatu cerita ketika Habib Abu Bakar bin Hasan Al Athos berkunjung ke suatu daerah, dan ada masjid yang diberi nama nama penyumbangnya, nah itu bukan riya namanya tapi karena waqaf dan tidak boleh diganti nama masjid itu.
.

No comments:

Post a Comment