Deskripsi dan Spesifikasi Jabatan

TUGAS 1
Mata Kuliah        :  Manajemen Operasional
Dosen                  :  Ibu Titin Suryatin
Nama                   :  Dwiana Rahman
Kelas                    :  Manajemen 2012
Tanggal                :  Jumat/ 7 Juni 2013

Ø Buatlah Deskripsi dan Spesifikasi Jabatan!


DESKRIPSI JABATAN di
“LBPP LIA DEPOK”

·        Nama Jabatan                      :  Receptionis/ Operator Telepon
·        Kode Jabatan                       :  A. 1112
·        Tanggal Berdiri                    :  5 Januari 2002
·        Penyusunan                         :  7 Juni 2013
·        Departemen                         :  Customer Service
·        Lokasi                                 :  Jl. Margonda Raya No. 200 Depok, 16423

·        Fungsi  :
 Dibawah Divisi Customer Service, menangani incoming calls (telepon masuk) dan outgoing calls (telepon keluar),  melaksanakan hubungan telepon dari dan keluar kantor  serta membeikan informasi seperlunya kepada pelanggan maupun pengunjung.

·        Tugas-tugas  :
1.     Menerima dan mencatat telepon yang masuk serta meneruskan kepada yang bersangkutan
2.     Memberikan informasi seperlunya kepada pengunjung/ tamu, maupun penelepon dan menghubungkan yang bersangkutan dengan pejabat yang berwenang guna mendapatkan keterangan yang lebih terinci
3.     Menyimpan seluruh informasi tentang nomor HP dan telepon seluruh karyawan (hanya untuk kepentingan kantor, tidak kboleh diinformasikan ke pihak lain tanpa persetujuan pemilik nomor HP yang bersangkutan)
4.     Membantu kegiatan promosi untuk LBPP LIA kepada calon pelanggan
5.     Menghubungi siswa dan calon siswa untuk memberikan informasi dan siapapun yang diminta atasan
6.     Melayani permintaan sambungan telepon keluar dari bagian lain untuk kepentingan pekerjaan
7.     Mencatat dan menerima surat masuk
8.     Membantu bagian lain  yang membutuhkan, dengan persetujuan atasannya.

·        Wewenang :
1.     Menanggapi keluhan pelanggan sesuai dengan tanggungjawabnya
2.     Menerima dan melayani pelanggan sebaik-baiknya
3.     Mengajukan ide-ide terkait dengan pelayanan pelanggan

·        Tanggung jawab :
1.     Bertanggungjawab terhadap segala macam informasi yang diberikan
2.     Bertanggungjawab atas tugas yang dikerjakan.


SPESIFIKASI JABATAN di
“LBPP LIA DEPOK”

A.    Kompetensi :
1.     Mempunyai keinginan untuk berprestasi (achievement orientation)
2.     Mampu membangun/ menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak (relationship building)
3.     Berorientasi pada pelayanan pelanggan (customer service orientation)
4.     Mempunyai inisiatif (iniciative)
5.     Mempunyai pemahaman antar personal (interpersonal understanding)
6.     Mempunyai integritas yang tinggi
7.     Mempunyai pengetahuan tentang produk-produk LIA
8.     Menguasai Bahasa Inggris secara lisan

B.    Pendidikan Non Formal :
1.     Interpersonal Skills
2.     Service Excellence
3.     Bahasa Inggris
4.     Komputer

C.     Pengalaman Kerja :
1.     Minimal setingkat Penata baik didalam maupun diluar unit LBPP
2.     Masa kerja minimal 0 tahun di LBPP

D.    Usia :
1.     Minimal berumur 22 tahun



No comments:

Post a Comment